12 Daftar Provider Internet Terbaik di Indonesia Buat di Rumah

Diposting pada

Pemilihan provider internet terbaik adalah salah satu kunci agar kebutuhan internet kalian terpenuhi. Lantas apakah kalian sudah mengetahui ada apa saja provider internet WiFi terbaik di Indonesia yang cocok dipasang di rumah?.

Jika belum, maka pada pembahasan kali ini kami akan jelaskan daftar provider internet terbaik di Indonesia untuk dipasang di rumah. Jangan salah pilih agar tidak menyesal!.

Ya, memang saat ini kebutuhan akan sebuah internet menjadi kebutuhan utama. Terutama bagi kalian yang bekerja mengandalkan internet, tentu saja dengan pemasangan provider harus tepat.

Tidak berlama-lama, jika memang kalian penasaran provider internet terbaik di Indonesia. Di sini kamu berhasil rangkum beberapa daftar provider tersebut, silahkan simak di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Apa Itu Provider Internet?

Apa Itu Provider Internet
Source: gramedia.com

Sebelum ke pembahasan mengenai daftar provider internet terbaik, alangkah baiknya kalian ketahui dahulu apa itu pengertian provider internet.

Jadi, apa itu provider internet adalah perusahaan yang menyediakan akses internet kepada para pelanggan atau penggunanya.

Nantinya perusahaan akan bertanggung jawab atas pemberian infrastruktur dan teknologi yang dibutuhkan untuk menghubungkan pengguna ke jaringan internet.

Keuntungan Pilih Provider Internet yang Tepat

Keuntungan Pilih Provider Internet yang Tepat
Source: finance.detik.com

Dengan pemilihan provider internet yang tepat nantinya kamu akan mendapat berbagai keuntungan. Lantas apa saja keuntungan didapat dengan pemilihan provider yang tepat? Antara lainnya seperti:

1. Koneksi Cepat dan Stabil

Ya, pasang internet memang yang kerap dicari adalah harga termurah. Namun kecepatan dan tingkat stabil internet saat digunakan juga menjadi hal terpenting.

Maka dari itu pemilihan provider internet yang cepat dan stabil menjadi salah satu kunci utama sebelum kalian mendaftar atau memilih internet rumah apa yang ingin dipasang.

2. Jangkauan Luas

Tidak hanya cepat dan stabil. Pemilihan provider terbaik juga akan mendapatkan keuntungan berupa jangkauan yang luas.

Hal itu dikarenakan provider internet yang handal akan tawarkan jangkauan luas di wilayah yang mereka layani. Mengingat jika di desa atau kampung, akses internet masih terbatas.

3. Paket dan Layanan Sesuai

Paket dan layanan sesuai, dimaksud di sini yaitu provider yang baik akan tawarkan berbagai paket dan layanan sesuai dengan kebutuhan para penggunaannya.

Contoh, provider internet terbaik akan tawarkan paket internet dengan kecepatan tinggi untuk streaming video atau game online, paket kuota besar untuk akses internet.

4. Dukungan Pelanggan Baik

Keuntungan memilih provider internet terbaik berikutnya adalah pemberian tim dukungan pelanggan yang responsif dan siap membantu. Nantinya meraka akan siap menjawab pertanyaan dibuthkan.

Selain itu juga akan memberikan bantuan teknis jika memang masalah provider internet yang digunakan saat ini sedang alami kendala. Nantinya pelanggan tinggal adukan saja, maka teknisi akan menyelesaikannya.

Provider Internet Terbaik di Indonesia Buat di Rumah

Provider Internet Terbaik di Indonesia Buat di Rumah
Source: kompas.com

Jika sudah mengetahui apa itu dan keuntungan pasang provider internet terbaik di atas, selanjutnya mari ke pembahasan utama mengenai daftar provider internet terbaik yang ada di Indonesia dan cocok dipasang dirumah.

1. Biznet Home

Untuk provider internet pertama ada Biznet Home. Ya, siapa tidak kenal dengan provider internet WiFi satu ini. Mengapa provider Biznet jadi salah satu yang terbaik?.

Hal itu dikarenakan Biznet tawarkan jangkauan yang luas, selain itu Biznet sudah cover lebih dari 63 kota/kabupaten yang ada di pulau Jawa, Bali dan beberapa kota besar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan NTT.

Selain itu, Biznet dikenal tawarkan beberapa pilihan paket yang dapat ditawarkan ke pelanggan. Antara lain pilihan paket tersebut yaitu paket Home Internet, Home Internet + IPTV, dan Home Gamers.

Untuk kecepatan internet yang ditawarkan oleh Biznet sendiri muala dari 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbps, sampai 250 Mbps. Jadi kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Berbicara harga paket internet Biznet, nantinya akan berbeda di setiap area cakupan. Jadi bagi kalian, bisa ketahui harga paket Biznet dengan lokasi di mana ingin di pasangkan internet terbaik ini.

2. CBN Fiber

Provider internet terbaik di Indonesia selanjutnya ada CBN Fiber. Ya CBN merupakan internet yang ditawarkan oleh PT Cyberindo Aditama sejak 1996, tidak heran jika CBN sangat dipercaya oleh banyak orang.

Bahkan untuk saat ini CBN sudah menggunakan fiber optic hampir semua layanan yang telag mencakup beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Jabodetabek, Medan, Palembang, Surabaya, Malang, Semarang, Bali dan lainnya.

Sedangkan untuk harga ditawarkan CBN untuk layanan internet yang dimiliki, bisa dikatakan harganya terbilang cukup murah. Lantaran CBN menawarkan mulai dari Rp 299.000 per bulan untuk kecepatan 30 Mbps.

3. First Media

Provider internet terbaik berikutnya ada First Media. Ya, First Media tentu sudah tidak asing dan dikenal cukup handal dalam memberikan layanan jaringan internet kepada pelanggannya.

Tidak heran jika First Media hingga saat ini memiliki banyak sekali banyak pelanggan yang tersebar luar di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan capai pelosok kampung, desa dan daerah pinggiran.

First Media dikenal menjadi layanan internet yang tawarkan memiliki layanan TV Kabel. Tentu saja ini jadi salah satu pilihan yang tepat bagi kalian yang suka hiburan dengan saksikan TV kabel.

Nantinya lebih dari 180 channel lokal dan internasional sudah dapat disaksikan jika kalian berhasil memasang atau berlangganan provider internet satu ini.

Sedangkan untuk kecepatan internet yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari kecepatan 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbs, dan 300 Mbps adalah pilihan tertingginya.

Jika kalian mencari paket internet murah dari First Media maka pilihan paket Family Plus HD (up to 20 Mbps, 134 channel TV, streamtainment) menjadi pilihan tepat Karena harga paketnya Rp 384.000 per bulan.

4. Groovy

Groovy? Mungkin tidak setenar Biznet atau provider internet lainnya di Indonesia. Namun siapa sangka jika Groovy masuk ke daftar provider terbaik di Indonesia yang cocok untuk dipasang di rumah.

Groovy tawarkan internet dengan kecepatan tinggi menggunakan fiber optic kepada para pelanggan. Mungkin hal inilah yang menjadikan Groovy cukup dipercaya oleh beberapa orang untuk penuhi kebutuhan internetnya.

Untuk saat ini ada tiga layanan yang ditawarkan Groovy kepada masyarakat di Indonesia yaitu layanan unlimited speed, unlimited data dan internet + free TV kabel.

Sedangkan untuk paket yang ditawarkan sendiri cukup beragam, mulai dari level 1 (personal 10 Mbps) harga Rp 295.000 / bulan, level 2 (Couples 20 Mbps) harga Rp 405.900, level 3 (Family, 30 Mbps) harga Rp 515.000 / bulan.

5. Iconnet

Provider internet WiFi terbaik selanjutnya ada Iconnet. Iconnet adalah layanan internet broadband dan internet broadband + TV (IP TV) dengan jaringan fiber optic yang ditawarkan oleh anak perusahaan PT. PLN Persero.

Berbicara biaya pemasangan Biznet, nantinya akan tergantung dari pilihan paket yang dipilih dan setiap paket nantinya akan tergantung juga dari zona wilayah.

Nantinya wilayah yang dimaksud adalah Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Indonesia Timur (NTT). Dengan begitu kalian bisa menyesuaikan dengan tempat tinggal saat ini.

6. IndiHome

Ya, IndiHome merupakan satu dari sekian banyak provider internet terbaik di Indonesia. IndiHome menjadi layanan yang sediakan layanan internet rumah, telepon rumah dan TV interaktif.

Banyak masyarakat Indonesia yang mempercayai Indihome untuk penuhi kebutuhan internet di rumah maupun kantornya. Jadi tidak perlu diragukan lagi jika memang kalian ingin pasang IndiHome.

Selain itu, untuk pilihan kecepatan internet yang ditawarkan cukup beragam mulai dari 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps. Semua itu memiliki harga yang berbeda satu sama lain.

Dengan begitu, jika memang kalian ingin melakukan pemasangan WiFi IndiHome di rumah, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pilihan murah yakni paket 2P (Internet + Phone) Up to 20Mbps 275 ribu/bulan.

7. Megavision

Daftar provider internet terbaik selanjutnya ada Megavision. Meskipun tidak seterkenal IndiHome dan Biznet, Megavision tentu saja sudah tidak asing bagi masayarakat Indonesia yang sudah berkecimpung di dunia internet.

Selain itu Megavision juga tawarkan 2 pilihan paket internet yang memiliki kecepatan koneksi 10 Mbps(Silver) dengan harga Rp 229.000 / bulan dan paket 100 Mbps (Gold) harga 549.000 / bulan.

Hanya saja kekurangan dari Megavision adalah jangkauan yang belum begitu luas. Dari informasi yang kami dapatkan, saat ini hanya tersedia di wilayah Bandung dan Bogor saja, namun melansir dari situs resmi, Megavision akan terus lebarkan sayapnya.

8. MNC Play

MNC Play menjadi provider internet WiFi terbaik di Indonesia selanjutnya yang dapat dipasang ketika kamu niat untuk memasangnya. Keunggulan ditawarkan MNC Play adalah kecepatan internet yang capai 10 Gpbs.

Selain itu MNC Play juga sudah menggunakan teknologi fiber To The Home yang bisa sediakan jaringan kabel optik 100% di seluruh jalur rumah. Bahkan untuknya lagi, MNC Play tawarkan paket combo dengan sediakan 180 channel TV lokal maupun internasional.

Tidak hanya itu MNC Play juga memiliki banyak pilihan paket internet yang dapat dinikmati oleh pelanggannya. Mulai dari 10 Mbps hingga 200 Mbps. Dengan harga mulai p 179.000 hingga Rp 849.000 per bulannya.

9. MyRepublic

Berikutnya, provider internet terbaik di Indonesia yang cocok di pasang di rumah adalah MyRepublic. Ya, MyRepublic menjadi sala satu provider yang tawarkan harga murah namun kecepatan internet dapat diandalkan.

Bahkan kecepatan internet yang ditawarkan oleh MyRepublic paling fantastis capai 300 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, tentu saja siap penuhi pelanggan yang memang membutuhkan.

Kekurangan dari MyRepublic yakni belum memiliki jangkauan yang luas. Jadi, jika kalian berniat untuk pasang WiFi MyRepublic pastikan sudah cek area jangkauan terlebih dahulu.

10. Oxygen

Oxygen dari PT Mora Telematika Indonesia juga menjadi salah satu provider internet terbaik di Indonesia. Hanya saja area yang dapat dijangkau oleh Oxygen belum begitu luas.

Di mana area dapat dijangkau oleh Oxygen di Indonesia di antara lain Medan, Palembang, Pangkal Pinang, Serang, Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Pekalongan dan Surabaya.

Sedangkan untuk paket ditawarkan, Oxygen memiliki empat paket pilihan untuk para pelanggan atau masyarakat Indonesia yaitu paket Stream, Zoom, Power dan Sporty. Lalu berbicara harga sendiri dimulai dari Rp 306.000 per bulan.

11. Telkomsel Orbit

Telkomsel memang dikenal menjadi provider jaringan terbaik di Indonesia, sudah banyak masyarakat kita yang mempercayai Telkomsel untuk penuhi kebutuhan internet dan panggilan telepon.

Selain tawarkan produk kartu Telkomsel, paket internet dan paket lainnya. Telkomsel juga tawarkan paket Telkomsel Orbit yang merupakan layanan internet rumah berbasis modem WiFi jaringan 4G LTE dan 5G dengan kuota data hingga 150GB.

Uniknya lagi, Telkomsel Orbit memberikan kebebasan terhadap pada pengguna untuk berlangganan atau berhenti kapan saja. Jadi hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu para pengguna juga bisa memilih modem Telkomsel Orbit digunakan, nah dalam penggunaan modem ini setiap varian akan berbeda satu sama lain harganya (mulai dari 599.000/bulan hingga 6.349.000/bulan).

12. XLHome

Sama halnya dengan Telkomsel, XL juga menawarkan layanan internet rumah berbasis modem. Untuk nama internet rumah itu sendiri yakni XLHome.

Apa keunggulan XLHome? Mengenai keunggulan sendiri ada banyak mulai dari harga kompetitif, Bandwidth besar, gratis konten hiburan, bebes biasa pasang.

Hal itulah yang menjadikan XLHome masuk daftar provider internet terbaik di Indonesia. Sudah banyak masyarakat kita yang mempercayai XLHome untuk penuhi kebutuhan internetnya.

XLHome akan sangat cocok untuk kalian para pengguna yang berada atau bertempat tinggal di pelosok desa atau kampung yang belum tersedia jaringan internet seperti IndiHome, Biznet dan lainnya.

Tips Memilih Provider Internet yang Bagus

Tips Memilih Provider Internet yang Bagus
Source: lifestyle.pinhome.id

Sudah tahu keuntungan dan daftar provider internet di atas, jika berniat untuk pasang internet rumah maka kalian perlu mengetahui tips memilih provider internet yang bagus. Berikut beberapa tips pemilihan providernya:

1. Ketersediaan Layanan

Pertama, ketika kalian ingin memasang provider internet WiFi adalah memastikan ketersedian layanan. Pastikan jika daerah kalian sudah terjangkau dengan layanan jaringan internetnya.

Maka dari itu, cek dan memastikan jika lokasi ingin dipasangkan internet WiFi rumah sudah terakses. Jangan sampai setelah berhasil mendaftar justru area belum terjangkau dengan layanan internet.

2. Kecepatan

Selain ketersedian layanan, tips memilih provider internet WiFi tepat adalah dengan memperhatikan kecepatan ditawarkan. Ya, setiap provider menawarkan perbedaan.

Dengan adanya kecepatan yang diinginkan, menjadikan pelanggan dapat memenuhi kebutuhan dengan kecepatan tersebut. Jadi pemilihan kecepatan pada saat pemasangan internet rumah wajib diperhatikan

3. Jenis Koneksi

Selanjutnya, tips memilih provider internet adalah memperhatikan jenis koneksi. Untuk saat ini fiber optik menjadi salah satu pendukung koneksi internet yang lebih bagus.

Dengan begitu, memperhatikan jenis koneksi internet pada saat pemilihan dalam pemasangan internet WiFi rumah menjadi hal terpenting agar memenuhi kebutuhan penggunaan internet kalian.

4. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan jadi salah satu tips pemilihan provider internet. Layanan pelanggan dapat diandalkan dari penyedia layanan menjadi salah satu faktor terpenting.

Tidak hanya memperhatikan koneksi bagus, pentingnya memperhatikan layanan pelanggan akan sangat dirasakan ketika kalian menemui masalah atau membutuhkan informasi.

5. Biaya

Selain beberapa tips di atas, pemilihan provider internet juga perlu memperhatikan biaya. Ya, harga mahal belum menjamin kualitas yang diberikan.

Maka dari itu memperhatikan dan mencari provider internet dengan kebutuhan serta cocok untuk kantong adalah kunci utama. Selain itu juga tidak memberatkan dalam pembayaran per bulannya.

6. Penawaran Promo

Pemilihan provider internet tepat juga ada tips lain, yakni dengan memperhatikan promi dan penawaran. Umumnya penawaran diskon atau tarif khusus akan diberikan pihak provider kepada pelanggan baru.

Dengan pemasangan internet rumah tepat pada saat ada promo tentu saja biaya yang dikeluarkan kalian tidak terlalu besar. Karena kami akan diberikan potongan harga, adanya hal ini bisa menjadi hemat pengeluaran.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan dapat kami sampaikan mengenai daftar provider internet terbaik di Indonesia untuk di rumah beserta tips memilih dan keuntungannya.

Adanya rekomendasi daftar provider internet di atas dapat bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi kalian yang memang ingin melakukan pemasangan WiFi atau internet rumah.

Tinggalkan Balasan